Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas

Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas - Hallo sahabat nastyakex, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips Elektronik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas
link : Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas

Baca juga


Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas

Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas

Auto start/Inverator merupakan suatu alat yang rancang untuk menghambat arus balik pada listrik jikalau terdapat beban yang besar ketika pertama di nyalakan. Alat ini biasanya di pasang pada pada stop kontak (colokan listrik) di rumah-rumah. Jika meteran listrik di rumah kau memiliki daya 900 watt atau lebih, maka tidak persoalan jikalau tidak menggunakan alat ini. Namun apabila daya listrik rumah kau masih 450 watt, maka alat ini sanggup menjadi solusi untuk menghindari lonjakan arus balik yang kuat.

Arus balik yang sangat besar lengan berkuasa ini sanggup mengakibatkan MCB pada meteran listrik otomatis mati (OFF). Inilah yang sering di anggap mengganggu oleh sebagian besar orang. Bayangkan saja, contohnya ketika pertama menyalakan televisi tiba-tiba listrik rumah pribadi mati dan begitu seterusnya. Jika sudah begini, maka perlu adanya alat derma untuk mengatasi persoalan ini, salah satunya ya dengan menggunakan alat ini/Auto start.

Auto start menyerupai ini banyak di jual pada toko elektronik kebanyakan dan juga harganyapun terbilang cukup murah sekitar 40 ribuan. Tapi dengan harga sekian itu bagi aku masih sedikit mahal, uang 40 ribu sanggup aku gunakan untuk keperluan lain. Dan aku putuskan lebih baik menciptakan sendiri dari pada membeli dengan harga segitu. Jika menciptakan auto start sendiri paling-paling juga menghabiskan uang 10 ribuan dan masih untung 30 ribu kan. Bagaimana…? Tertarik gak ingin buat auto start sendiri…?

Lalu bagaimana cara membuatnya…?

Sebelumnya siapkan dulu bahan-bahan yang akan di gunakan, seperti:

1.Kawat kecil
Siapkan kawat kecil berukuran 0,xx mm (seukuran senar gitar no.2) dan panjangnya kira-kira 1,5 m. Kamu sanggup mengambil salah satu kawat dari dros kopling sepeda motor.

2.Kayu atau Besi diameter 5-6 mm
Ini nantinya di gunakan untuk proses penggulungan kawat biar sanggup berbentuk spiral.

3.Pasir dan Semen
Untuk di gunakan sebagai pendingin kawat spiral.

4.Wadah/Casing
Gunanya untuk menempatkan bagian-bagian d atas dan juga berfungsi sebagai isolator. Jangan menggunakan wadah dari kaleng besi misalnya: kaleng cat, kaleng roti atau kaleng yang terbuat dari plat besi. Tapi gunakan wadah yang terbuat dari kayu atau plastik yang agak tebal biar sanggup tahan panas dan yang terpenting biar arus listrik tidak merambat keluar (bahaya).

Jika bahannya sudah di siapkan, selanjutnya yakni proses pembuatan, berikut langkah-langkahnya:

1.Gulung kawat sampai berbentuk spiral sebanyak 60s/d70 lilitan, mau berlawanan/searah jarum jam (terserah). Semakin banyak akan semakin baik dan jikalau menggunakan kawat lebih besar, lilitan juga harus lebih banyak. Kira-kira menyerupai gambar berikut ini:

Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas

2.Tempatkan ke dalam wadah dan perlu di ingat bahwa antara bulat lilitan atau spiral yang satu dengan yang lain dihentikan bersentuhan(sedikit di renggangkan).

3.Campurlah pasir dan semen tadi dengan air (jangan terlalu banyak semen). Lalu tuangkan ke dalam wadah yang sudah ada kawat berbentuk spiral tadi. Jangan lupa untuk kedua ujung kawat spiral tadi supaya tidak terbenam, biar nantinya sanggup di sambungkan ke kabel. Berikut gambarnya.

Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas

4.Tunggu sampai benar-benar kering biar sanggup di gunakan.

Lalu bagaimana cara memasangnya…?

Untuk memasangnya sangat gampang sekali, kau cukup mencari kabel stop kontak kemudian putus salah satu kabelnya. Selanjutnya sambungkan kedua ujung kabel yang di putus tadi ke kedua ujung kawat auto start.

Tambahan:
Jika ingin memasang lampu indikator caranya sangat mudah, cukup dengan menambahkan resistor pada salah satu kaki led (bisa dua-duanya). Kemudian sambungkan pada ujung lilitan dan kaki led yang satunya di hubungkan pada kabel AC, lihat gambar di bawah ini:

Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas
Sekian tips dari aku dan semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas

Sekianlah artikel Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mambuat Auto Start Sederhana Tapi Berkualitas dengan alamat link https://nastyakex.blogspot.com/2010/05/cara-mambuat-auto-start-sederhana-tapi.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel